Download RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 Modul Ajar Terlengkap
Finkle - Pada pembahasan kali ini Finkle akan membagikan dokumen berupa link download RPP Kurikulum merdeka pembelajaran SD Kelas 1. Materi RPP pembelajaran SD yang dapat diunduh gratis ini berbentuk file .doc yang bisa dibuka dengan aplikasi MS Word, RPP ini merupakan materi administrasi tambahan yang dibutuhkan oleh guru sebelum mulai mengajar di kelas. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kemendikburistek) mencanangkan program kebijakan pengembangan pembelajaran mandiri. Sekarang tersedia untuk semua institusi pendidikan sebagai opsi pelengkap untuk pemulihan pembelajaran antara tahun 2022 dan 2024. Pedoman kurikulum nasional akan direvisi pada 2024 berdasarkan penilaian selama fase pemulihan pembelajaran dari pandemi COVID-19.
Menjelang pandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan,
Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi mengeluarkan pedoman penggunaan
program 2013. Sejak saat itu, program 2013 direduksi menjadi program darurat.
Dan biarkan satuan pendidikan mengelola pembelajaran dengan konten dari sumber
yang relevan. Pembelajaran mandiri merupakan angin segar untuk meningkatkan dan
memulihkan pembelajaran yang akan dirilis pada tahun 2021.
Terkait kebijakan Kemendikbud, moderator akan membagikan RPP Kurikulum Merdeka Pembelajaran SD Kelas 1. Semoga bisa menjadi referensi untuk guru-guru yang sedang berjuang. RPP Merdeka Belajar yang dibagikan Finkle meliputi 5 mata pelajaran Kelas I SD sesuai dengan isi
Kurikulum Merdeka Belajar dari kemendikbud.
Link Download RPP Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 Modul Lengkap
Apabilah bapak dan ibu guru berminat mendapatkan perangkat diatas secara lengkap dapat mengunduhnya pada link di bawah ini :
Untuk modul rpp kurikulum merdeka di bawah ini Finkle sudah update dengan link download rpp kurikulum merdeka belajar 2022 modul ajar yang lebih lengkap :
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Agama Islam
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran PPKn
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran IPAS
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Matematika
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran BahasaIndonesia
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Bahasa Inggris
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Bahasa Jawa
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Musik
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Rupa
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Tari
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran Seni Teater
Download Modul Ajar Kelas 1 SD Mata Pelajaran PJOK
Contoh RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 yang Finkle bagikan sebgai berikut :
Kelas: 6
Alokasi waktu: 70 menit
Jumlah pertemuan: 1
Jumlah siswa disarankan: 20-28
Fase capaian: C - SDA dan Kegiatan Ekonomi
Tujuan Pembelajaran:
● Siswa mendefinisikan sumber daya alam melalui pengamatan
dan diskusi.
● Siswa mengelompokkan sumber daya alam berdasarkan jenis
dan sifatnya.
Pengetahuan/keterampilan prasyarat:
Siswa telah mempelajari jenis benda dan bahan. Guru dapat
mengajak
siswa mengingat topik ini saat berdiskusi.
Profil Pelajar Pancasila:
bernalar kritis, bergotong-royong
Model pembelajaran:
❏ Tatap muka
Perangkat ajar ini dapat digunakan guru untuk mengajar:
❏ Siswa reguler/tipikal
❏ Siswa dengan hambatan belajar
❏ Siswa cerdas istimewa berbakat istimewa (CIBI)
❏ Siswa dengan ketunaan
Ketersediaan materi:
Apa itu sumber daya alam?
Jika kita melihat-lihat, kita menggunakan banyak benda untuk
membantu kita dalam pekerjaan sehari-hari, seperti kursi untuk duduk, pensil untuk
menulis, sendok untuk makan, dll.
Bahan untuk penjabaran benda-benda tersebut berasal dari
alam. Segala sesuatu di alam yang digunakan manusia untuk bertahan hidup adalah
sumber daya alam (SDA).
Sumber daya alam dapat dibedakan menjadi jenis hayati dan
non hayati. Sumber daya alam hayati adalah makhluk hidup yaitu hewan dan
tumbuhan. Sumber daya alam non hayati adalah benda mati, seperti tanah, air,
udara, minyak, dll. Beberapa sumber daya alam selalu tersedia dan dapat
diperbarui dengan cepat jika digunakan oleh manusia. Namun, ada juga sumber
daya alam yang membutuhkan waktu lama untuk tersedia dan disebut tidak
terbarukan. Kegiatan pembelajaran utama:
❏ Individu
❏ Berpasangan
❏ Berkelompok (> 2 orang)
Bagaimana guru menilai ketercapaian Tujuan Pembelajaran?
❏ Asesmen individu
❏ Asesmen kelompok
Jenis asesmen:
❏ Tertulis
❏ Performa
Metode:
❏ Diskusi
❏ Presentasi
❏ Demonstrasi
❏ Project
❏ Eksperimen
❏ Eksplorasi
❏ Permainan
❏ Ceramah
❏ Kunjungan lapangan
❏ Simulasi
Alat dan bahan:
papan tulis, spidol papan tulis, alat tulis, lembar
ilustrasi benda (7 lembar), lembar refleksi (sejumlah siswa)
Perkiraan biaya:
Print lembar ilustrasi benda dan lembar refleksi: Rp 1.000,-
per lembar (alternatif: guru meminta siswa mengamati benda-benda di sekitar)
Foto copy lembar refleksi: Rp 200,- per lembar (alternatif: buku tulis siswa)
Persiapan mengajar:
1. Mencetak lembar kegiatan atau menyiapkan benda yang akan
diamati
2. Memahami hal-hal penting mengenai sumber daya alam
Urutan kegiatan:
Pra Pembelajaran:
1. Guru membagi kelas menjadi empat kelompok.
2. Guru membagikan lembar ilustrasi benda pada setiap
kelompok.
3. Guru mengajak siswa untuk mendiskusikan kesamaan dari
benda-benda dalam lembar tersebut. Guru bisa mengarahkan siswa untuk memerhatikan bahan pembuat,
fungsi, dan lain sebagainya.
4. Guru mempersilakan siswa untuk membagikan hasil diskusi
mereka. Guru perlu mencatat poin yang disampaikan oleh siswa di papan tulis.
Inti Pembelajaran
5. Guru mengajak siswa untuk memerhatikan poin-poin yang
tercatat dan menyimpulkannya bersama. Kesimpulan akhir yang iharapkan adalah seluruh benda berasal dari
alam.
6. Guru memperkenalkan istilah “Sumber Daya Alam” dan
mengaitkannya dengan kesimpulan yang telah dibuat sebelumnya. Guru juga bisa mengajak siswa untuk
menjelaskan hal yang mereka ketahui dan pahami dari istilah ini.
7. Guru menugaskan siswa untuk mengelompokkan benda-benda
tersebut ke dalam dua (atau lebih) kelompok berdasarkan jenis bahan pembuatnya.
8. Guru memberikan kesempatan pada setiap kelompok untuk
berbagi hasil pekerjaannya. Guru bisa mengajukan pertanyaan arahan, seperti: “Berapa kelompok yang
berhasil kalian buat?”; “Apa yang membuat kalian berpikir bahwa
benda-benda tersebut (guru juga bisa
menyebutkan tulisan dalam kartunya) berada dalam kelompok yang sama?".
9. Guru menjelaskan SDA dapat dibagi ke dalam jenis hayati
dan non hayati, serta terbarukan dan tak terbarukan. Guru perlu menyebutkan kembali hasil diskusi kelompok yang
telah mengarah pada hal ini.
Penutup Pembelajaran
10. Guru mengajukan pertanyaan tentang hasil pengamatan
mereka. “Apa temuanmu yang paling menarik?”; “Apa temuan yang paling mengejutkanmu?”
11. Guru meminta siswa untuk merefleksikan kegiatan hari ini
dalam lembar refleksi.
Refleksi guru
1. Apakah semua siswa terlibat dalam diskusi? Apa yang bisa
dilakukan untuk membuat siswa aktif bertanya dan berpendapat?
2. Apakah siswa dapat menjelaskan pemahamannya tentang SDA? Apa tantangan yang mereka hadapi? Apakah hasil refleksi siswa dapat menggambarkan pemahaman mereka tentang SDA?
Demikianlah artikel Finkle tentang Download RPP Kurikulum Merdeka Belajar SD Kelas 1 Terbaru 2022 Modul Ajar Terlengkap. Semoga bisa menjadi referensi bagi guru dan
bermanfaat kepada kita semua terimah kasih. sumber gurupertama
Keyword :
contoh rpp kurikulum merdeka belajar sd, rpp kurikulum
merdeka belajar sd kelas 5, rpp merdeka belajar sd kelas 1, rpp merdeka belajar
sd kelas 4, rpp merdeka belajar sd kelas 6, rpp merdeka belajar sd kelas 5, rpp
merdeka belajar sd kelas 2, rpp merdeka belajar sd, rpp kurikulum merdeka
belajar sd kelas 6 semester 1, rpp kurikulum merdeka belajar sd kelas 1, rpp
kurikulum merdeka belajar sd kelas 4, rpp kurikulum merdeka belajar pai sd, rpp
kurikulum merdeka belajar sd kelas 1 semester 1, contoh rpp kurikulum merdeka
belajar sd, webinar ikm seri 5: asesmen pendidikan,unboxing kebijakan,tunjangan
sertifikasi guru triwulan 2,struktur kurikulum sd,struktur kurikulum merdeka
untuk sd/mi,struktur kurikulum merdeka smp,seri 5 asesmen pembelajaran,sentra kompetensi,rpp
kurikulum baru,resmi lounching,perubahan kurikulum merdeka smp,perbedaan tik
dan informatika,perbedaan kurikulum 2013 dengan kurikulum merdeka smp,perangkat
ajar kurikulum prototype,perangkat ajar kurikulum prototipe,perangkat
ajar,penyusunan kurikulum operasnal sekolah,pengajuan pak guru,pengajar
informatika,pembelajaran merdeka bermain,pembagian jam pada kurikulum
merdeka,modul ajar kurikulum sekolah penggerak,modul ajar kurikulum
prototype,modul ajar kurikulum merdeka belajar,modul ajar kurikulum
merdeka,modul ajar kurikulum baru 2022,modul ajar kurikulum baru,model
pembelajaran berbasis proyek,merdeka bermain paud,merdeka bermain,merdeka
2022,mandiri berubah,mandiri berbagi,lounching kurikulum,kurikulum sd,kurikulum
prototype untuk paud,kurikulum prototype paud 2022,kurikulum prototipe
smp,kurikulum prototipe paud,kurikulum operasional satuan pendidikan,kurikulum
nasional,kurikulum merdeka mts,kurikulum merdeka di sd,kurikulum merdeka
belajar di sd,kurikulum merdeka adalah,kurikulium merdeka belajar,keunggulan
kurikulum merdeka,implementasi kurikulum merdeka dan platform merdeka
mengajar,learning loss,isi kurikulum merdeka,pelatihan kurikulum
merdeka,kurikulum merdeka terbaru,kurikulum merdeka,penerapan kurikulum
merdeka,kemendikbud ristek,kurikulum merdeka belajar,implementasi kurikulum
merdeka,mandiri belajar,kurikulum,sertifikasi guru
0 Komentar